Interaksi
Merupakan
hubungan yang terjadi atau
terbentuk antara
user dan komputer
(dalam bidang
teknologi) melalui
unit masukan dan
keluaran interface.
Interaksi membantu
manusia, apa
yang terjadi antara
user dan sistem
komputer.
Sistem interaksi
menerjemahkan antara
apa yang diinginkan oleh
user terhadap sistem
yang ada.
Hubungan antara
user dan komputer
dijembatani oleh
antarmuka pengguna
(user interface).
Diagram Proses Eksekusi Interaksi
Manusia
Merupakan pengguna
yang memakai komputer
(user), dimana setiap
user memiliki perbedaan
karakteristik sesuai
dengan kebutuhan
& kemampuan dalam
menggunakan komputer
Manusia dipandang
sebagai sistem
yang memproses informasi,
yang bisa dijelaskan
sebagai berikut
:
1.Informasi diterima
dan ditanggapi dengan
proses masukan-keluaran ( IO)
2.Informasi disimpan
didalam ingatan
(memory)
3.Informasi diproses
dan diaplikasikan dengan
berbagai cara.
Proses
pemasukan dan
pengeluaran yang terjadi pada
manusia merupakan
suatu vision (pandangan), dan
alat fisik
yang digunakan untuk
hal tersebut adalah
mata.
Komputer
Perangkat elektronik
yang dapat digunakan
untuk mengolah
data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan
informasi dan
hasil dari
pengolahan tersebut.
Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
•Interaksi
Manusia
dan
komputer
merupakan
komunikasi
dua
arah
antara pengguna
(user) dengan sistem
komputer yang saling mendukung
untuk mencapai
suatu tujuan
tertentu.
•Interaksi
manusia dan
komputer
merupakan disiplin
ilmu yang mempelajari desain,evaluasi, implementasi dari
sistem komputer
interaktif untuk
dipakai oleh
manusia,beserta
studi
tentang
faktor-faktor
utama
dalam
lingkungan interaksinya.” (ACM SIGCHI,1992,p.6)
Prinsip Kerja Sistem Komputer
•User memberi
perintah
pada
komputer
& komputer
mencetak/menuliskan
tanggapan pada
layar tampilan.
•Komputer bekerja
sesuai dengan
instruksi yg
diberikan oleh
pengguna.
Latar Belakang Interaksi Manusia dan Komputer
•Sisi Ketepatan
Contoh : pemilihan
struktur menu yang kurang tepat
dapat mengurangi
kinerja
sistem
ataupun pengguna
- Single Menu
- Linier Menu
-Struktur Tree
- Struktur
Cyclic Network.
- Struktur
Acyclic Network
•Sisi Penampilan
Menariknya tampilan
suatu sistem
dari sisi
developer dengan user tidak selalu
sama.
•Mengapa diperlukan konsep IMK?
–Sisi Kegunaan
Contoh : Tombol SAVE atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan tombol REFRESH atau EXIT
-Sisi Kemudahan
Contoh : Tombol pada VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di lain hal tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam bahaya pada saat mengemudikan mobilnya.
Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer
1.Menghasilkan sistem yang dapat digunakan (usable), memiliki manfaat (useful),
dan mudah dioperasikan oleh user (user
friendly)
2.Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan
perencanaan
3.Keamanan, apakah sistem yang kita buat memiliki tingkat pengamanan data
atau tidak.
4.Efektifitas dan efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya
dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik
5.Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan
mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan user.
Antar Muka Pengguna
•Merupakan bagian
sistem yang dikendalikan oleh
user untuk mencapai
dan
melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem
•Pengguna hanya
boleh berinteraksi dengan sistem
melalui antarmuka
pengguna
•Prinsip sebuah
sistem komputer
adalah masukan,
proses, keluaran
( Input, Process,
Output )
•Sebuah sistem
antarmuka pengguna
memiliki peranti
masukan (seperti
keyboard,
mouse, dan media input lainnya), peranti
keluaran (seperti
monitor, printer),
masukan dari
pengguna (seperti
garis, gerakan
mouse dan ketikan
keyboard) dan
hasil
yang dikeluarkan oleh
komputer (seperti
grafik, bunyi
dan tulisan).
Yang di Perhatikan Dalam Membuat User Interface
•Dilihat dari
kebutuhan user
•Analisa dari
sistem analis
•Kreativitas dari
pembuat sistem
User Interface (Antar Muka Pengguna )
Interface seperti apa yang diinginkan oleh user???
•Interface harus user-friendly, yaitu :
–Tampilan
yang bagus/menarik
–Mudah
dioperasikan
–Mudah
dipelajari
–User
merasa
nyaman
dan
senang
menggunakan
software tersebut
•Antarmuka yang berkualitas tinggi
yg dikagumi
oleh orang-orang, beredar luas
dan sering ditiru.
•Suatu
antarmuka/interface yang dibuat
seharusnya
tidak
hanya
dapat
dilihat, disentuh atau
didengar,
tetapi
juga
mencakup
konsep,kebutuhan
user
untuk mengetahui
sistem komputer,
dan harus dibuat
terintegrasi ke
seluruh sistem.
•Interface mampu menampilkan informasi dalam format dan dalam langkah yang
disesuaikan dengan penggunanya.
•Interface harus dapat terintegrasi dengan sistem komputer user
•Interface memiliki kualitas tinggi dimana setiap kebutuhan user dapat terpenuhi
0 comments
Post a Comment