Tuesday, 23 December 2014

Interaksi Manusia dan Komputer

 

Interaksi

Merupakan hubungan yang terjadi atau terbentuk antara user dan komputer 
(dalam bidang teknologi) melalui unit masukan dan keluaran interface.
Interaksi membantu manusia, apa yang terjadi antara user dan sistem komputer.
Sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada.
Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).

Diagram Proses Eksekusi Interaksi
 

Manusia
 

Merupakan pengguna yang memakai komputer (user), dimana setiap user memiliki perbedaan karakteristik sesuai dengan kebutuhan & kemampuan dalam menggunakan komputer


Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi, yang bisa dijelaskan sebagai berikut :

1.Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses masukan-keluaran ( IO)

2.Informasi disimpan didalam ingatan (memory)

3.Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara.

Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan suatu vision (pandangan), dan alat fisik yang digunakan untuk hal tersebut adalah mata.

Komputer
 

Perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.

  
Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer


Interaksi  Manusia  dan  komputer  merupakan  komunikasi  dua  arah  antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Interaksi  manusia dan komputer  merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain,evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia,beserta  studi  tentang  faktor-faktor  utama  dalam  lingkungan interaksinya.” (ACM SIGCHI,1992,p.6)
Prinsip Kerja Sistem Komputer
User  memberi  perintah  pada  komputer  &  komputer  mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.  
Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.  
Latar Belakang Interaksi Manusia dan Komputer
Sisi Ketepatan  
Contoh : pemilihan struktur menu yang kurang tepat dapat mengurangi kinerja
sistem ataupun pengguna 
  - Single Menu
 - Linier Menu  

-Struktur Tree

 
- Struktur Cyclic Network.
 
- Struktur Acyclic Network



Sisi Penampilan

 Menariknya tampilan suatu sistem dari sisi developer dengan user tidak selalu sama.
 

Mengapa diperlukan konsep IMK?

Sisi Kegunaan 
 Contoh : Tombol SAVE atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan tombol REFRESH atau EXIT 

-Sisi Kemudahan
Contoh : Tombol pada VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di lain hal tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam bahaya pada saat mengemudikan mobilnya.

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer


1.Menghasilkan sistem yang dapat digunakan (usable), memiliki manfaat (useful),
 dan mudah dioperasikan oleh user (user friendly)

2.Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan
perencanaan

3.Keamanan, apakah sistem yang kita buat memiliki tingkat pengamanan data
 atau tidak.

4.Efektifitas dan efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya
dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik

5.Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan
mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan user.
Antar Muka Pengguna
Merupakan bagian sistem yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan
melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem  
Pengguna hanya boleh berinteraksi dengan sistem melalui antarmuka pengguna   
Prinsip sebuah sistem komputer adalah masukan, proses, keluaran ( Input, Process,
Output ) 
Sebuah sistem antarmuka pengguna memiliki peranti masukan (seperti keyboard,
mouse, dan media input lainnya), peranti keluaran (seperti monitor, printer),
masukan dari pengguna (seperti garis, gerakan mouse dan ketikan keyboard) dan
hasil yang dikeluarkan oleh komputer (seperti grafik, bunyi dan tulisan).
Yang di Perhatikan Dalam Membuat User Interface
Dilihat dari kebutuhan user 
Analisa dari sistem analis 
Kreativitas dari pembuat sistem  
 User Interface (Antar Muka Pengguna )  
Interface seperti apa yang diinginkan oleh user???  


Interface harus user-friendly, yaitu :
     –Tampilan yang bagus/menarik 
     –Mudah dioperasikan 
     –Mudah dipelajari 
     –User merasa nyaman dan senang menggunakan software tersebut
Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi  oleh orang-orang, beredar luas
dan sering ditiru.
Suatu  antarmuka/interface  yang  dibuat  seharusnya  tidak  hanya  dapat 
 dilihat, disentuh  atau  didengar,  tetapi  juga  mencakup  konsep,kebutuhan  user 
 untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
Interface mampu menampilkan informasi dalam format dan dalam langkah yang
 disesuaikan dengan penggunanya. 
Interface harus dapat terintegrasi dengan sistem komputer user 
Interface memiliki kualitas tinggi dimana setiap kebutuhan user dapat terpenuhi

 

0 comments

Post a Comment