Monday 12 March 2012

Last child muda bermimpi

Last child punya impian...

YELNOVRI, M.T...  Ya itulah salah satu impian dari lastchild muda yaitu ingin menjadi Master Teknologi..aku adalah anak ke terakhir dari lima bersaudara, semua kakakku adalah anak yang pintar hanya aku yang tidak pintar..hehehehe. agak muluk memang jika dilihat dari latar belakang pendidikan yang aku lalui, bagaimana tidak, aku yang  tidak sempat mengecap bangku taman kanak2 dan tak lama kemudian keluar karena aku tak mau di atur *maklum anak kecil,jadi sukanya main ayunan aja diluar..hehehe...  aku ini memiliki otak yang tak terlalu pintar,, di sekolah dasar saja aku tak pernah mengecap rengking  5 besar,, setelah tamat SD pun aku melanjutkan ke madrasyah tsanawiah salido, disitu pun aku hamper bias dikatakan tidak pernah mendapatkan rangking 10,nilai matematika ku pun selalu jelek,, entah guru nya yang tidak pandai mengajar atau aku yang tak mengerti apa yang diterangkan guru didepan kelas,,hehe.. setelah tamat dari MTSN akupun melanjutkan ke Madrasyah Aliyah Negri Salido, kata orang2 MAN Salido tidak bagus, tapi itu hanya ungkapan orang2 sirik saja,, di sekolah ini aku mengecap rangking 10 besar, tepatnya pada kelas 2 semester 2, pada waktu itu aku mengambil jurusan IPS karena kata senior IPS itu jurusan yang gampang,, tapi alasanku mengambil IPS bukan karena itu,  tetapi karena aku memang tidak menguasai pelajaran IPA, maklum lah otak ku agak lambat untuk di ajak berfikir cpat,, kalau diibaratkan computer seh Pentium jadul alias Pentium 3,, lolanya mintak ampunnnnn........hehehe.. :D
Aku mengenal computer pertama kali sewaktu aku les computer pada waktu aku masih di MTSN kelas 3. Disitu lah aku kenal dengan keyboard, mouse, CPU, dan monitor,, waktu itu komputernya belum secanggih sekarang. Dulu itu komputernya masih Pentium 4 dan monitornya punya tonjolan dibelakang,hehehe..
Disanalah aku diajarkan oleh seorang pengajar yang bernama kak Andika, beliau ini adalah tamatan STMIK,  waktu itu aku belajar dasa tentang Microsoft office, word,excel,dan power point,,  yang diajarkan hanya dasar dari semua itu,, karena kegemaran ku akan komuter, aku slalu datang setiap hari ke tempat les itu untuk sekedar bermain game.hehe.. waktu itu game computer belum sekeren dan sefantasi sekarang,, dulu hanya ada game kartu, game pinball dan bonce,, itu pun seudah senang rasanya... hingga suatu hari aku ingin memasukan lagu kedalan HP kakakku,, tapi lagu yang ingin dimasukan masih dalam keadaan video,, lalu aku minta tolong sama guru les. Disitulah aku pertama kali mengenal program yang mbisa merubah format MPG mejadi MP3 nama programnya yaitu VCD cutter kalau tidak salah,, hehehe.. tapi setelah selesai lagu tidak bias langsung dikirim ke HP kakakku, karena ukuran file nya terlalu besar, lalu lagu tadi masih harus melalui proses kompres atau mengurangi ukuran dari lagu tersebut,, kali ini program yang di gunakan adalah oog mp3,, setelah itu barulah lagu tersebut bisa dimasukan kedalam HP kakakku... semenjak itulah aku sangat ingin memperdalam ilmu tentang computer.
Setamat aku dari MAN salido aku mencoba ikut tes SPMB di salah satu perguruan tinggi negri,, tapi nasib belum mengizinkan aku untuk mengecap gelar sebagai  mahasiswa.  Selama aku menganggur aku hanya berteman dengan sepi,, setiap minggu aku hanya bisa menonton teman2ku pergi kuliah ke ibu kota, miris memang tapi inilah hidup, disamping itu aku juga menjemput dan mengantarkan ibuku pergi bekerja ke tempat beliau mengajar, Iaps,,, beliau adalah seorang guru sekolah dasar negri tanjung saba kecamatan bayang.  Disela itu aku juga bekerja kecil2an di terminal,, uppsss,,, jangan berfikir negative dulu tentang terminal,, aku disana bekerja dengan salah satu took variasi motor dan mobil,, tugasku disana adalah memasang stiker dan membersihkan kaca mobil yang mau di pasang kaca film, lumayanlah hasilnya bisa buat jajan 3 hari...hehehe.. tak lama berselang akupun jatuh sakit karena kelelahan, bagai mana tidak, setiap hari aku harus mengantar dan menjemput ibuku sambil bekerja di tempat variasi tersebut, tapi semua itu tak membuatku patah semangat,, pada akhirnya aku berhenti dari sana dan mencari pekerjaan lain, “kalau rejeki emang gak kemana” itu mungkin kata yang cocok untuk mengungkapkan perasaanku saat itu,, kali ini aku mendapatkan pekerjaan yang sangat aku gemari yaitu menjadi operator warnet, aku adalah maniak game,, maka dari itulah aku sangat tertarik menjadi OP. Selama aku menjadi OP suka dukanya huga banyak, sukanya, aku bisa online dari pagi sampai pagi lagi,, dukanya aku gak bisa bebas seperti dulu lagi,, tapi  itu tak jadi masalah karena untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, kita harus mengorbankan salah satu yang berharga dari yang kita miliki. Hari2 pertama aku menjadi OP hanya ku warnai dengan main game online dari pagi sampai pagi lagi,, jedanya Cuma waktu makan sama mandi aja..hehehe... waktu itu lagi marak2nya game online  point blank,, siapa yang tidak kenal dengan game satu ini,, game ini hamper dimainkan di seluruh Indonesia,Singapur, Amerika,dan Malaysia. Sampai2 ada yang rela mangeluarkan uang ratusan ribu hanya demi meiliki karakter yang pangkatnya sudah mayor.. tapi aku tak sampai seperti itu aku hanya bermain biasa2 saja, alias modal skill..hehehe.. tak lama berselang jenuh pun menghampiriku, akupun mulai bosan denga yang namanya game, karena computer tak pernah istirahat akirnya banyak yang rusak,, akupun kewalahan karenanya,, bos marah2 dan ngomel2,, aku pun sempat putus asa dan ingin berhenti,, tapi perasaan itu cpat2 aku hilangkan,, akupun memanggil salah satu teman yang ahli dalam urusan computer, dia adalah alumni SMK jurusan TKJ, namanya robi, dia sudah memiliki jam terbang yang tinggi,,hehehe *kayak dosen aja..  kenapa bisa dibilang begitu,, karena dia sudah magang di batam dan sempat bekerja juga di sana selama 6 bulan, bersama dialah aku belajar bagian2 dalam computer pertama kali, aku juga di ajarkannya menginstal computer, tapi waktu itu karna aku tak punya konsep dasar akirnya lupa lagi....:D
Di akhir 2010 aku mendapatkan rejeki lagi, ibuku pensiun dan beliau membelikan aku laptop merk acer yang bertipe Aspire 4738 yang mempunyai prosesor cor I3,, waktu itu aku belum banyak mengerti masalah computer ini,, pada suatu hari laptopku di pinjam kakakku untuk dibawa kekantornya. Tiba2 laptop ini mati sewaktu aku memakainya dirumah, akupun panik dan menanyakan nya kepada kakakku,, dia pun tidak tahu,, tapi katanya tadi di kantor ada salahh satu temannya yang mencolokkan flashdisk kelaptop ku ini, setelah aku cari2 di internet ternyata virus lah yang menyebabkan laptopku mati,, akupun mencari solusinya di internet, setelah aaku baca dan aku cari2 ternyata solusinya hanya satu yaitu instal ulang,  bagaimana caranya???? Aku tak ada ilmu sedikitpun untuk melakukannya,, akhirnya aku telfon teman ku tadi,, tapi sayang dia sekarang sedang berada di batam aku pun bingung,, tapi dia memberi ku semangat, “coba instal ulang sendiri aja nov,, n cari tutorialnya di google” begitu katanya, tapi aku tak langsung melaksanakan ide nekatnya tersebut,, aku menunggu dan  masih memainkan laptop ku ini,, tapi tak juga ada perubahan.. hati ku pun berkata “kenapa tidak kucoba menginstal laptopnya sendiri ya?” aku mulai mencari2 tutorial tentang menginstal di internet, ternyata tutorialnya banyak sekali akupun jadi bingung dibuatnya, aku telfon lagi temanku dan bertanaya “bro,,, tutorialnya yang mana ne?? Kok banyak sekali ya, ada windows xp,vista sama windows 7..??” dia jawab “bro mau pakai yang mana? Akupun menjawab “pakai yang cocok sama laptopku aja lah..” dia menjawab lagi “ kalau begitu pakai windows 7 saja karena prosesornya sudah mendukung tu buat dipasang windows 7”.. akupun mulai mencari tutorialnya dari satu website ke website lain, kubaca satu persatu sambil melihat screen shoot nya.. tak lama akupun memulai operasi menginstal pertamaku yang bermodal nekad dan tutorial dari internet...hehehe.. usahaku tak begitu lancar,, begitu banyak kendala yang aku temui salah satunya pada saat memasukan serial number dari windows tersebut, aku tak punya serial numbernya,, jadinya aku hanya dapat memakai windows tersebut selama 30 hari percobaan,, setelah aku mengintal windows tersebut dan laptopku menyala hati ini sedikit terobati.  Sewaktu layar desktopnya muncul aku jadi heran kok icon menunya jadi besar2 ya..??? aku sms lagi temanku itu,, bro,, “kok icon menu laptop w jadi besar2 gini ya??” dia jawab “apa si bro dah ngintal driver laptopnya?? “ aku Tanya lagi “udah ku instal driver windowsnya, terus driver yang mana lagi ne...??” di jawab “ driver yang dikasih waktu sibro beli laptopnya, kalau drivernya belum diinstalkan tampilannya emang seperti itu,, suaranya pun gak akan kedengaran bro...”.......“oooo..... begitu ya bro,, jadi yang di instal bukan windowsnya aja ya..? “.......“bukan....!”  akupun baru tau ternyata menginstal laptop itu bukan hanya windowsnya saja yang di instal tapi juga ada drivernya,, terpaksa  aku tidak tidur semalaman karena mencari tutorial buat nginstal drivernya,, karena aku tidak mau terjadi kesalahan dalam menginstalnya, setelah cari2 dan pusing mencarinya,, operasipun akulanjutkan pagi harinya... pagi harinya aku mulai operasi ditemani segelas susu dan roti.. satu persatu tutorial mulai aku baca dan praktekkan.. ternyata langkah pertama yang harus dilakukan  adalah menginstal chipset dari prosesor tersebut,,setelah itu VGA dan setelah itu boleh sembarangan.. tapi semua tak semudah yang aku bayangkan aku kebingungan mencari dreiver chipset dari laptop ku ini, karena sangat banyak program yang terdapatdidalam DVD tersebut, lalu aku mencari kata kuncinya yatiu intel dan berhasil menemukannya,, lalu aku bingung langkah apa yang harus kulakukan sekarang, aku tak ambil pusing ku baca lagi tutorial tentang manginstal driver laptop tadi,, dan aku ikuti tahap demi tahap.. taraaaaaaa....... akirnya semua proses instalasi selesai akupun merasa lega dan bahagia,, dengan hanya bermodalkan saran dari teman, nekad dan tutorial dari google aku berhasil memnginstal laptopku,, dari situlah aku mulai mencari tutorial tentang bermacam hal mulai dari chat game sampai program2.
Dari situlah asal mula pertama mimpiku dimulai, dari seorang operator warnet ya pekerjaan buat sebagian orang adalah pekerjaan bagi orang yang pemalas,, karena kerjanya hanya duduk didepan monitor dari pagi sampai paginya lagi. Tapi tak apalah itu hanya sementara, tahun berikutnya tes untuk masuk perguruan tinggi terbuka lagi dan aku mencoba peruntungan ku lagi dengan kembali ikut tes SPMB, lagi dan lagi aku tidak diterima *seperti lagunya andra n thebackbone saja ya...hehehe , sampai akhirnya salah satu dari pihak ITP menelfon ku dan mengatakan aku diterima, akupun sempat bingung kenapa ko bisa langsung diterima padahal mendaftar saja tidak, ternyata setelah di konfirmasi ternyata ITP bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi negri di padang,, akhirnya akupun menjatuhkan pilihan pada ITP ini dengan tekat ingin menjadi ahli IT seperti salah seorang dosennya yaitu pak Busran,M.T,, aku sudah tak heran lagi mendengar nama ITP karena sebelumnya aku sudah mendapat gambaran tentang kampus ini, karena salah satu familiku ada yang kuliah disitu juga. Meski banyak orang yang mencomoohkan dan merendahkannya aku hanya membalas dengan senyum,, karena tak ada gunanya melayani orang2 yang tida berfikir itu.. seperti kata kakak ku,, “dimanapun kita kuliah kalau niat kita untuk kuliah itu tidak ada, tidak akan bagus juga hasilnya” dan aku juga belajar dari pengalaman kakaku yang cewek yang dulu tempat kuliah nya jadi bahan tertawaan masyarakat,, tapi apa hasilnya sekarang,, anak2 yang kuliah di negri masih menganggur tapi kakakku sudah mendapatkan pekerjaan sebagai guru SD dan menggantikan ibuku. Tuhan itu adil jadi jalani saja apa yang sudah ada didepan kita dengan bersungguh-sungguh, sesuai dengan firman-Nya “manjadda wajadda” yang artinya siapa yang bersungguh2 akan mendapat.
Satu lagi yang menjadi motivasi besar dalam hidupku adalah ibu, aku ingin melihat beliau bahagia dihari tuanya, dimana ia menikmati masa2 pensiunnya,, dan aku sebagai anak bunsunya tak ingin membuat ia kecewa, seperti kakak pertamaku yang tak selesai kuliahnya karena dia tak pernah serius dalam kuliahnya. Aku ingin ia melihat aku memakai toga sebelum matanya tak dibuka lagi oleh Tuhan, karena umurnya memang sudah lebih setengah abad, sementara papaku sudah lama meninggalkanku tepatnya waktu aku kelas 2 SD, kalau tidak salah waktu itu umurku 8 tahun.  Mulai saat itu ibuku hanya sendiri mengurus 3 anaknya yang belum selesai sekolah, waktu itu kakak no 3 kuliah dipadang,, yang cewek nomor 4 masih MTSN dan aku masih di SD, sementara kakak ku yang dua lagi masih belum tentu nasibnya di negri orang, hari2 ku lewati tanpa kasih sayang seorang papa,, waktu itu aku masih blum paham arti meninggal dunia,, aku fikir papaku tidur untuk sementara didalam tanah, tapi lama2 kelamaan aku baru tahu jika meninggal dunia itu adalah kehilangan orang yang aku cintai untuk selama2nya... aku blum sempat membuat beliau bangga, waktu itu aku hanya bisa meminta uang jajan kepada beliau,, sampai sekarang itu masih ada di dalam fikiranku, dan akupun tak ingin hal yang sama terjadi kembali,, kali ini aku ingin serius,, aku ingin membuat ibuku bangga akan anaknya, satu impian untuk ibu,, dan akupun tak ingin beritahu apa impianku itu,,karena aku takut Tuhan berkehendak lain nanti, biarlah impian itu slalu bersemi di dalam hati ini dan aku laksanakan pada waktunya, di setiap selesai sholat aku slalu berdo’a agar dipanjangkan umur ibuku agar beliau dapat melihat anaknya ini berhasil dan bisa membahagiakannya ...amin.... dan tak itu saja aku juga berdo’a agar diberi pendamping hidup yang setia dan bisa saling melengkapi, karena seorang yang sukses tak aka ada artinya tanpa seorang endamping hidup yang melengkapinya,,,hehehe *mimpi.....:D
Sekian cerita saya,, kalau ada kata yang salah mohon diperbaiki sendiri,, karena memang tidak ada yang sempurna didunia ini kecuali Yang Maha Sempurna yaitu Allah,, dan semoga semua niat dan keinginanku ini di ijabah oleh Allah,, dan bisa menyelesaikan kuliah pada waktu yang tidak lama.. seperti kata pepatah “semua akan indah pada waktunya” ......
Wassalam...........

3 comments:

  1. Keep dream for future...
    good luck..!! ^_^

    ReplyDelete
  2. “semua akan indah pada waktunya”
    yupp...jangan takut akan kegagalan masa lalu, belajar dari kegagalan dan kekelemahan kemudian raih asa tertinggi mu :)

    Keep writing novri :')

    ReplyDelete
  3. thanks buk n aganrahmad karena sudah mau singgah di blog saya ini,, dan terimaksih juga atas semangatnya....:)

    ReplyDelete